Powered By Blogger

Kamis, 07 Oktober 2010

HATI ASET BERHARGA

Dengan hati menuju tempat tertinggi, begitulah salah satu judul tulisan Gede Prama. Di sana di tulis bahwa di dalam sini (hati) tersedia banyak sekali harta dan ketinggian hidup yang mengagumkan. Hebatnya lagi,kalau harta luar harus kita beli dengan harga mahal, harta dan takhta di dalam diri semuanya tersedia gratis. Ia hanya mempersyaratkan satu hal; ketekunan secara rutin untuk merefleksi.

Dai kondang Aa Gym menggambarkan betapa hati sangat mempengaruhi hidup seorang dengan syair yang sangat brilian. Berikut ini petikan syairnya :
" Bila hati kian bersih,pikiran pun selalu jernih,semangat hidup kan gigih,prestasi mudah di raih, tapi bila hati busuk,pikiran jahat merasuk,akhlak pun kian terpuruk, dia jadi makhluk terkutuk. Bila hati kian lapang,hidup susah tetap tenang, walau kesulitan menghadang,dihadapi dengan tenang, tapi bila hati sempit,segalanya jadi rumit,seakan hidup terhimpit,lahir batin terasa sakit".

Hati adalah aset berharga yang harus kita jaga agar selalu  jernih,sehingga tidak ada iri dan dengki bersemayam di dalam hati. Bukankah Weda mengajarkan demikian ?  Berikut ini saya petikkan apa yang terdapat dalam Rgveda.

Tvam agne angiraso guhahitam
anvavindan sisriyanam vane vana (Rgveda V.11.6)
Artinya:
Ya Tuhan Dikau meliputi setiap pohon dan hutan. Para bijak menyadari Dikau di dalam hati.

Sloka di atas menjelaskan bahwa hati adalah gerbang Tuhan, maka sepatutnyalah hati kita daga agar kita terberkati. Begitu Anda mengetuknya, jawaban langsung datang demikian pesan sufi. Agar hati selalu bersih ucapkanlah doa yang terdapat di dalam Rgveda secara tekun :

"Yah pota sa punatu nah (Rgveda IX.67.22)
Artinya :
Ya Tuhan yang maha suci, semoga menyucikan hati kami.
 






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar